Twitter adalah sebuah
situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan
jejaring sosial berupa
mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan
[7] (
tweets).
Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada
halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun
pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka
saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan
sebutan pengikut ("
follower").
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs
Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau
dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu.
Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana
situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor
di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah
mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih
dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "
SMS dari internet".
Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama
"Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket
NBA,
Larry Bird.
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota
dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack
Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS
layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini
dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat
festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung,
penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi
60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan
meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi "Larry the "Bird"
pada tanggal 5 Juni 2012.
Pengguna dapat menulis pesan berdasarkan topik dengan menggunakan tanda pagar (#) (
hashtag). Sedangkan untuk menyebutkan atau membalas pesan dari pengguna lain bisa menggunakan tanda @.
Pesan pada awalnya diatur hanya mempunyai batasan sampai 140 karakter
disesuaikan dengan kompatibilitas dengan pesan SMS, memperkenalkan
singkatan notasi dan slang yang biasa digunakan dalam pesan SMS. Batas
karakter 140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan URL
seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti
Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi
multimedia isi dan teks yang lebih panjang daripada 140 karakter.
Twitter menggunakan bit.ly untuk memperpendek otomatis semua URL yang
dikirim-tampil.
Laman Utama (Home)
Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh
orang-orang yang menjadi teman kita. Halaman utama disebut juga sebagai
Timeline
Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil
atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.
Pengikut (Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai
teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan
seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.
Mengikuti(Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti
akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti
tersebut masuk ke dalam halaman utama.
Gamitan[8] (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut
SMS
karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna
lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi
pesan.
Tagar[9] (Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
Senarai[10] (List)
Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu
grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara
keseluruhan para
nama pengguna (
username) yang mereka ikuti (
follow).
Topik Hangat (Trending Topic)
Secara garis besar adalah topik yang sedang banyak dibicarakan banyak
pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan. Kemudian secara spesifik
yaitu sebuah kata, frase atau yang ditandai dengan tagar
(#) yang
dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta unggul dalam jumlah
daripada kata, frase atau yang ditandai dengan tagar lainnya, hal ini
biasa dikatakan menjadi
Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi
populer baik yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena suatu
peristiwa yang mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal
tertentu tersebut. Topik-topik tersebut membantu Twitter dan pengguna
untuk memahami apa yang terjadi di dunia. Terkadang topik-topik tersebut
merupakan hasil dari kesengajaan dan upaya bersama oleh fans selebriti
tertentu ataupun karena fenomena budaya. Ada 2 jenis
Topik Hangat (Trending Topic) yang menjadi acuan pengguna di Indonesia, yaitu
Topik Hangat Seantero Dunia (Trending Topic World Wide / TTWW) dan
Topik Hangat Indonesia (Trending Topic Indonesia / TTI),
kemudian yang terjadi di Indonesia khususnya terutamanya adalah karena
hal-hal yang sedang banyak peminatnya pada kala itu, semisal fenomena
lagu Keong Racun, Ariel Peterpan (dikenal sebagai Arielpeterporn),
Ashilla Zahrantiara (dikenal sebagai Shilla, Ashilla Z dan
AshillaBlink), Justin Bieber (Beliebers), Twilight, Harry Potter dan
lainnya, atau juga hal-hal yang tidak biasa seperti
#7KulinerSbyPalingWuenak.
Isi Kicauan
Isi Kicauan menurut Pear Analytics.
- Celoteh tidak berarti - 40%
- Percakapan - 38%
- Nilai lewat-terus (pass-along) - 9%
- Promosi diri - 6%
- Berita - 4%
- Spam - 4%
Peringkat
Twitter adalah merupakan salah satu dari 10 situs web yang paling
sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa trafik web analisis.
Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa Twitter berada di
tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial berdasarkan
jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan Maret
2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh
tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan
bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari
2008 menjadi 7 juta pada Februari 2009.
Aplikasi pihak ketiga
Kurang dari setengah kicauan yang dikirim-tampil menggunakan web,
sedangkan sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga
(berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh Sysomos). Ada banyak alat
atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya adalah aplikasi
TweetDeck,
Salesforce.com,
HootSuite,
Twitterfeed,
UberSocial,
Snaptu,
TweetWawa,
WriteLonger,
SimpleTweet,
Gravity
Demografi
Menurut sebuah studi oleh Sysomos pada bulan Juni 2009, perempuan
membentuk sebuah demografi Twitter lebih besar daripada laki-laki dimana
persentasenya adalah 53% lebih dari 47%. Ia juga menyatakan bahwa 5%
dari pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas, dan bahwa New York
memiliki Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya, Twitter yang awalnya dirancang untuk digunakan
oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan, sekarang ini
justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter yang
sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa
saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya sekedar
basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa
memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama
kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun
selebritis adalah Ashton Kutcher. Kemudian diikuti oleh
Oprah Winfrey,
Britney Spears,
Justin Bieber,
Lady Gaga.
Kerahasiaan pribadi dan keamanan
Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission
membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada tanggal 24
Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan
melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya
Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi
sehingga "program keamanan informasi yang komprehensif" untuk secara
independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah
cacing komputer (
worm)
XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan,
cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan
mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan
untuk mengirim
sembulan iklan (
pop-up ad) dan tautan ke situs porno.
Di Indonesia, Twitter sangat populer. Terlebih lagi, kemudahan yang
disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang mendukung.
hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara
dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara
nomor satu untuk urusan Twitter.
[11]
Riset dan Kritik
Banyak yang mengatakan bahwa twitter adalah cara yang baik untuk
tetap berhubungan dengan teman-teman. Namun, beberapa pengguna merasa
'terlalu' terhubung, karena mereka selalu menerima pesan yang tidak
relevan dengan kebutuhan mereka.
Berbagai penelitian di sekitar Twitter telah dilakukan seperti bidang sosiologi dan perilaku. Sebuah penelitian dilakukan
Bruno Goncalves
menyatakan bahwa jaringan sosial modern membantu seseorang berinteraksi
namun kendala biologis dan fisik membatasi hubungan sosial secara
stabil.
[12]
Nielsen Online melaporkan bahwa Twitter memiliki tingkat pemeliharaan
pengguna sebesar 40%. Banyak orang berhenti menggunakan layanan ini
setelah satu bulan karena situs ini berpotensi mencapai hanya sekitar
10% dari semua pengguna internet.
Pada bulan Maret 2009, komik strip Doonesbury mulai menyindir
Twitter. Banyak karakter menyoroti kicauan yang mengikuti pemutakhiran
topik hangat (
trend updates) terus-menerus. SuperNews! juga
mengatakan bahwa Twitter sebagai kecanduan dan mengatakan kicauan tidak
lebih dari “teriakan ke kegelapan berharap seseorang mendengarkan”.
Scott A. Golder dan
Michael W. Macy
menganalisis lebih dari 500.000 update oleh 2,4 juta pengguna Twitter
di 84 negara selama 2 tahun. Data dibagi menjadi kelompok-kelompok
update berdasarkan jam. Temuan menunjukkan Twitter menegaskan pola
seharian.
[13]
Alessio Signorini menggunakan data menciak pengguna Twitter untuk mengganalisis tingkat penyebaran flu H1N1 di Amerika Serikat.
[14] Marcel Salathé dan
Shashank Khandelwal
melacak bagaimana pola pikir pengguna Twitter berkorelasi dengan
tingkat partisipasi vaksinasi H1N1 dan bagaimana perasaan negatif atau
positif mempengaruhi pengguna lain.
[15]
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter